Aluminum Alloy for Aerostructure

Paduan aluminium merupakan material utama yang saat ini digunakan industri pesawat terbang komersial. Aluminium dipilih karena memiliki sifat ringan dan kekuatannya dapat dibentuk dengan cara dipadu dengan unsur lain. Permasalahan yang dihadapi adalah pemilihan jenis unsur apa yang akan dipadu dengan aluminium untuk mendapatkan karakteristik material yang dibutuhkan. Unsur paduan yang ditambahkan dan perlakuan panas (heat treatment) yang diberikan pada aluminium selama pemrosesan sangat mempengaruhi sifat paduan aluminium yang dihasilkan.

Awalnya paduan aluminium dikembangkan dengan tujuan mendapatkan material yang kuat dan ringan. Namun, seiring dengan berkembangnya kebutuhan struktur pesawat udara komersial dengan ukuran yang semakin besar, material yang dibutuhkan tidak hanya kuat dan ringan saja. Dewasa ini paduan aluminium dikembangkan untuk mendapatkan material yang kuat, ringan, usia pakai yang lama, biaya produksi rendah, toleransi kegagalan tinggi, dan tahanan korosi yang baik.

Sekitar tahun 1900 duralium, paduan aluminium dengan tembaga, magnesium, dan mangan, petama kali diperkenalkan di Jerman. Jenis ini merupakan paduan aluninium yang dapat diberi perlakuan panas (heat treatment) dan menghasilkan kombinasi kekuatan dan keuletan yang baik. Saat ini paduan ini dikenal dengan nama aluminium 2017-T4. Pesawat udara yang pertama kali memakai struktur rangka aluminium adalah Junkers F13 yang diproduksi di Jerman pada tahun 1920 dan kemudian disusul Douglas DC3 yang memakai aluminium 2024-T3. Keunggulan aluminium 2024-T3 adalah memiliki tahanan fatik yang lebih baik dari versi sejenisnya.

Selama Perang Dunia II, Paduan Aluminium dengan dengan kekuatan tinggi diperkenalkan. Paduan ini disebut aluminium 7075-T6 yang merupakan paduan aluminium, seng, magnesium, dan timah. Karena kekuatannya yang tinggi, paduan ini banyak dipakai pada struktur pesawat tempur saat itu. Versi modifikasinya, alumunium 7178-T6, berhasil dikembangkan dan diterapkan pada pesawat terbang komersial Boeing-707. Namun, pemakain aluminium 7178-T6 ini tidak dilanjutkan oleh Boeing karena bermasalah pada daya tahan dan toleransi kegagalan.

Boeing 777-200

Boeing-777 merupakan pesawat udara komersial terbesar dengan dua mesin propulsi yang menggunakan material struktur utama dari aluminium. Sekitar 70 persen struktur Boeing-777 dibuat dari material paduan aluminium. Struktur upper wing Boeing-777 dibuat dari lempengan dan ekstrusi aluminium 7055-T7751. Paduan ini dipilih karena memiliki kekuataan dan tahanan retak yang lebih baik dari aluminium 7150-T7. Sedangkan struktur fuselage dibuat dari aluminium 2524-T3 yang merupakan modifikasi dari aluminium 2024-T3. modofikasi ini dilakukan untuk meningkatkan tahanan retak (fracture toughness) dan kemampuan menghambat kelelahan struktur akibat pertumbuhan retak (fatigue crack growth resistance). Pengembangan paduan aluminium untuk struktur Boeing-777 ini dilakukan oleh Alcoa.

13 Balasan ke Aluminum Alloy for Aerostructure

  1. ary'x mengatakan:

    aku copy yoa materinya bwt tugas mat psbang
    arigatow gozaimaz

  2. azki hakim mengatakan:

    silahkan..🙂

  3. robby dharmawan mengatakan:

    mas, aq dapet tugas dr dosenku…
    udh 2 bulan aq bingung,.. ini tentang perencanaan konstruksi landing gear
    meliputi gaya-gaya & moment yang bekerja pd LG, material pembuat LG, diagram benda bebas, dan yg penting perencanaan poros roda pesawat (yg nose wheel aj)
    kira2 bs bntu kah mas…
    tolong aq di kasih ulasanya,
    deadline ku tinggal 5 hari..
    kl bs segera di bls yah…
    thanx u..
    greeting one soul by,aremania

  4. firdaus mengatakan:

    mas. saya lagi skripsi tentang kekuatan main landing gear pada casa c212-200.. tolong dibantu kalo ada data yang bisa jadi acuan

  5. swasasi mengatakan:

    Aluminium memang bahan yang ringan dan sangat bagus bila dipadu dengan logam yang lain sehingga cocok buat bahan yang kuat dan ringan seperti untuk pesawat. Bisa lihat mengenai proses anodizing pada aluminum untuk isolasi terhadap korosi. http://anodizing-process.blogspot.com

  6. anggia mengatakan:

    kak,,aku copy ya tulisannya,,buat tugas..
    hehe..

    thx

  7. irfan mengatakan:

    Copy buat tugas juga ya kak
    thanks

  8. Wromana mengatakan:

    Ini dia nh yg dicari-cari!! copy ya kak…^^
    terima kasih banyak..
    sukses selalu..

  9. nini firmawati mengatakan:

    aq mau nanya ni kak, untuk mengetahui standar industri jepang untuk badan pesawat dimana cari nya y? atau kakak tau gak?

  10. Budi mengatakan:

    Info yang sangat bagus mas… cman saya mau tanya kalo Angka T7751 pada Al 7055-T7751 artinya apa mas ??? apakah hasil proses heatretment ?? kalo benar 4 Digit dibelakang huruf T apa artinya ??

    Terima kasih mas ifo ny!!

  11. Gilang RS mengatakan:

    Ini dia yg saya cari” , thanks yoo😀

  12. muhamad amirudin mengatakan:

    mau nannya mas..
    wheel rim pesawat kan terbuat dari aluminium 2014-t6..
    apa aluminium 6061-t6 juga bisa di aplikasikan di wheel rim pesawat?thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: