Diffusion Bonding and Super Plastic Forming

Diffusion bonding adalah suatu mekanisme penyambungan logam maupun paduan logam pada keadaan padat untuk mendapatkan ikatan pada tingkat atomik. Ikatan yang terbentuk ini merupakan hasil dari bersatunya kedua permukaan yang terjadi karena ada deformasi plastis lokal pada temperatur tinggi. Deformasi plastis ini memicu interdifusi di lapisan permukaan dari kedua material yang digabungkan.

Mekanisme dari diffusion bonding :

diffusion bonding (1)
(a) Terbentuk titik kontak awal antara kedua bahan.

Diffusion Bonding (2)
(b) Terjadi deformasi plastis lokal dan creep, memicu berkurangnya rongga.

Diffusion Bonding (3)
(c) Deformasi dan creep selesai, masih ada rongga dengan lapisan kontaminan yang sangat tipis.

Diffusion Bonding (4)
(d) Berlanjutnya difusi vacancy, hilangnya lapisan oksida, masih ada beberapa rongga kecil.

Diffusion Bonding (5)
(e) Diffusion bonding selesai.

Super Plastic Forming

Super Plastic Forming adalah suatu proses yang didesain untuk material lembaran dimana ductility ditingkatkan sehingga elongasinya meningkat beberapa ratus persen.

Komponen tanpa SPF
(a) Komponen kompleks dengan penyambungan konvensional

Komponen hasil SPF
(b)Komponen yang dibuat dengan Super Plastic Forming.

Super Plastic Forming and Diffusion Bonding (SPF/DB) merupakan suatu teknik pemrosesan material yang dikembangkan dan banyak dipakai pada industri dirgantara. Proses ini  diterapkan pada titanium dan paduannya, dimana material ini menunjukan sifat superplastik pada kondisi temperatur tinggi dan tekanan tertentu. Kondisi temperatur dan tekanan yang dimaksud disini adalah kondisi yang dibutuhkan atom untuk berikatan. Sehinnga, dua proses ini (SPF dan DB) dapat dikombinasikan dalam satu operasi pabrikasi (manufaktur) yang bersamaan atau pun berurutan.

Proses SPF/DB digunakan untuk memproduksi struktur sandwich kaku untuk komponen airframe atau chord yang lebar dan blade turbin untuk mesin pesawat udara. Keuntungannya adalah, dengan proses SPF/DB kita dapat membuat komponen dengan bentuk kompleks secara lebih cepat dan efisien. Selain itu, jika dibandingkan dengan teknologi konvensional, maka metode ini dapat memberikan kontribusi saving cost hingga 20-30 %.

Aplikasi khusus dari produk SPF/DB antara lain:

  1. Titanium alloy, Civil Aircraft.
  2. Antara lain digunakan pada komponen temperatur tinggi disekitar mesin atau yang berhubungan langsung dengan udara panas, seperti : panel pylon, panel nacelle, dan wing access panels. Selain itu juga pada fan blades mesin jet.

  3. Titanium alloy, Military Aircraft.
  4. Antara lain digunakan pada komponen temperatur tinggi disekitar mesin seperti heat shields. Selain itu juga pada komponen aerodinamic yang menahan beban tinggi seperti leading edge dan foreplanes.

Satu Balasan ke Diffusion Bonding and Super Plastic Forming

  1. satria mengatakan:

    Halo teman.., saya mau tanya soal produksi wheel hub (pelek) pada pesawat terbang?? Mohon dikirimkan ke prajurit.resasatria@gmail.com agar saya bisa langsung tahu kalau sudah direspon dengan sahabat semua… Thanks…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: